Home » Uncategorized » 37 Wisudawan PNC Cilacap Raih Predikat Cumlaude

37 Wisudawan PNC Cilacap Raih Predikat Cumlaude

Humas PNC – Politeknik Negeri Cilacap (PNC) sukses mewisuda 247 mahasiswa di Gedung Hall Sentul Waterpark  Cilacap pada Sabtu (13/10) kemarin. Rinciannya, dari program diploma tiga (D III) terdiri dari 62 orang Ahli Madya Teknik Mesin, 100 orang Ahli Madya Teknik Informatika, 63 orang Ahli Madya Teknik Elektronika, 14 orang Ahli Madya Teknik Mesin Perikanan, dan 8 orang Ahli Muda Teknik Mesin Pertanian.

Sedang Jumlah mahasiswa yang diwisuda di gelaran wisuda ke VIII ini terdiri dari tiga angkatan, yaitu 2016, 2017 dan 2018. Dari 247 mahasiswa yang diwisuda, 37 mahasiswa meraih predikat Cumlaude. Mereka berasal dari Program Studi D3 Teknik Informatika sebanyak 21 wisudawan dengan predikat culmaude terbanyak. Sedang lainnya berasal dari Prodi D3 Teknik Informatika, yakni 8 mahasiswa D3 Teknik, dan 8 Mahasiswa dari Teknik Elektronika. 

Direktur PNC memberikan sambutan.JPGDirektur PNC Cilacap, Soedihono ST.,MT mengatakan wisuda ke VIII tersebut merupakan sebuah keberhasilan sekaligus kebanggaan. Pasalnya, PNC berhasil mencetak lulusan-lulusan yang siap bekerja di dunia pekerjaan. Apalagi untuk tahun 2018 ini, PNC meluluskan 247 mahasiswa atau dua kali lipat, dibanding tahun 2017 kemarin sebanyak 158 wisudawan.  Capaian membanggakan lainnya, terdapat tiga wisudawan yang memperoleh nilai dengan hasil tertinggi. Mereka yakni Seni Oktaviani mahasiswa dari Teknik Informatika dengan nilai 3,86, Sulis Pikasari mahasiswa dari Teknik Elektronika dengan nilai 3,74, dan Krisnanda Eka Trisnayudha mahasiswa dari Teknik Mesin dengan nilai 3,72.

Selain itu, sesuai dengan ciri khas pendidikan PNC yang mengedepankan aspek kedisiplinan, dalam acara wisuda  kemarin PNC juga mengapresiasi 7 Mahasiswa  yang dinyatakan sebagai lulusan  terdisiplin. "Untuk tahun ini kita ada peningkatan. Ada 7 mahasiswa yang dinyatakan sebagai lulusan terdisiplin. Ukuran disiplin ini, mahasiswa selama menjalani studi 3 tahun, mempunyai kriteria tidak pernah Alpha, tidak pernah sakit, dan tidak pernah ijin," kata Soedihono.

Sejak Wisuda pertama hingga ke-8 tahun 2018 ini, PNC telah mewisuda 1.118 mahasiswa. Semua lulusan PNC telah ditingkatkan dan dikembangkan kompetensi dan teknologinya untuk menyongsong revolusi industry ke-4.0. yang dikenal dengan "revolusi digital". Para lulusan PNC punya bekal untuk mengarungi jaman yang berbasis Cyber Physical System yang berfungsi untuk mensinergikan antara dunia maya dan dunia nyata. "PNC sendiri terus mendorong untuk menggali sumber potensi dan sumber dayanya untuk dimanifestikan dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang tepat sasaran. Termasuk mengembangkan kewirausahaan yang diarahkan untuk menunjang sistem pembelajaran, dan terus meningkatkan mutu secara berkelanjutan. Agar lulusannya semakin berkualitas dan makin banyak yang menjadi entrepreuner handal," katanya. Soedihono juga berharap, dalam wisuda yang ke VIII tersebut, PNC bisa terus berkembang. PNC juga berkomitmen terus berupaya meluluskan mahasiswa yang siap bersaing di dunia kerja, baik bekerja di dalam suatu perusahaan maupun menciptakan lapangan kerja.

"Dengan bekal yang diperoleh di PNC, mahasiswa mampu bersaing sehat di dunia pekerjaan," ujarnya.

Diakuinya, semenjak kampusnya berstatus Negeri, secara pesat minat mahasiswa menggali ilmu di kampus PNC semakin tinggi. Terbukti dari kapasitas 320 bangku kuliah, jumlah pendaftar mencapai 2500-an orang. Dalam sambutannya di gelaran wisuda tersebut, Soedihono juga menyampaikan perpisahan. Soedihono tinggal hitungan hari mengakhiri masa jabatanya sebagai Direktur PNC. Dia menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap yang telah mempercayakan dirinya memimpin Politeknik Cilacap menjadi PNC, kepada lembaga, perusahaan, dan warga masyarakat yang mendukung PNC melalui berbagai bantuan mulai dari dana beasiswa untuk mahasiswa sampai kepada berbagai program kerja. "Perkembangan PNC yang sangat cepat tentunya berkat kerjasama para dosen, karyawan, serta mahasiswa." katanya.

Kegiatan wisuda yang berlangung meriah tersebut, selain dihadiri wali wisudawan, juga  dihadiri  oleh  Kepala  Dinas  Pendidikan          Warsono SH.,M.Hum mewakili Bupati Cilacap. Selain itu juga hadir jajaran muspida Kabupaten Cilacap lainnya. Dalam sambutannya, Bupati Cilacap melalui Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Cilacap, Warsono berharap wisudawan PNC dapat menjadi tenaga- tenaga profesional dan bisa membanggakan khususnya bagi Cilacap. Para lulusan PNC diharapkan pula mampun menerapkan ilmu yang dipelajari selama di kampus dan berbagi pengetahuan untuk kepentingan bermasyarakat.

"Menjadi SDM yang mampu bersaing di era global,  bersaing dalam memperoleh pekerjaan, menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta meningkatkan kemampuan," kata Warsono.

Warsono juga mengajak keluarga besar PNC untuk selalu meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi di era yang akan datang. Peningkatan tersebut baik dalam kualitas pelayanan, akademik maupun lulusan sehingga mampu menjadi kebanggaan Cilacap. PNC diharapkan juga mampu mensejajarkan diri dengan Perguruan Tinggi yang sudah maju dan terkenal.

Seni Oktaviani sebagai wisudawan terbaik juga memgutarakan banyak terimakasih kepada PNC. Selama 3 tahun ia banyak mendapat bekal pengetahuan yang tak ternilai. Ia juga berharap PNC semakin sukses dan mampu menelurkan lulusan-lulusan yang punya kompetensi mumpuni di bidangnya masing-masing.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates