Home » Berita » AUDIT MUTU INTERNAL – POLITEKNIK NEGERI CILACAP – Periode I, Edisi April 2015

AUDIT MUTU INTERNAL – POLITEKNIK NEGERI CILACAP – Periode I, Edisi April 2015

audit7Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kualitas system mutu yang berkelanjutan menuju terciptanya manajemen kerja yang efektif dan efisien (Quality Excellent), Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Politeknik Negeri Cilacap, melakukan Audit Mutu Internal (AMI). Pelaksanaan AMI periode pertama edisi April tahun 2015yaituterhitungmulaitanggal06 s/d 23 April 2015, menitik beratkan pada Evaluasi Kelengkapan Dokumen Mutu Unit dan Progres Pencapaian Sasaran Mutu Unit tahun 2015.

Penjaminan mutu (quality assurance) bagi suatu organisasi adalah merupakan suatu keharusan karena organisasi yang menjamin mutunya merupakan organisasi yang senantiasa memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggannya, sebab pelanggan (costumer) yang puas akan meningkat menjadi pelanggan  yang loyal dan hal ini berarti akan memberikan benefit bagi organisasi yang bersangkutan.

Landasan hukum dari sistem penjaminan mutu adalah Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasioal Pendidikan, di dalam UU Sisdiknas No.20 tahun 2003 Pasal 50 ayat 2 mengisyaratkan  “ pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu….dst, selanjutnya dalam pasal 51 ayat 2 dikatakan bahwa Pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas,jaminan mutu dan evaluasi yang transparan.

Memasuki tahun ke-4 berjalannya Sistem Penjaminan Mutu Internal di Politeknik Negeri Cilacap merupakan kerja keras dari semua pemangku kepentingan internal institusi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan evaluasi diri  secara berkelanjutan dalam memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan termasuk di dalamnya perbaikan kapasitas fisik, tatakelola, pendanaan dan sumber daya manusia. Sesuai PP No. 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi, pentingnya menjaga efektivitas implementasi sistem manajemen mutu dalam suatu organisasi mengharuskan adanya kegiatan Audit Mutu Internal yang dimaksudkan untuk mengetahui dipenuhi tidaknya azas kecukupan dan kesesuaian didalam institusi dan unit kerja dalam melaksanakan SPMI-PT.

audit4

Dalam kegiatan Audit Mutu Internal ketercapaian peningkatan mutu dapat diketahui dengan jelas baik dari aspek akademik yang menjadi core business dalam perguruan tinggi, maupun aspek non akademik seperti keuangan, asset dan sumber daya manusia yang juga memberikan kontribusi yang sangat besar sehingga memerlukan perhatian yang tinggi pula dalam penerapan sistem manajemen mutu. Disamping itu juga dimaksudkan agar program kerja dan kinerja unit dapat lebih terarah dan terencana sehingga visi dan misi institusi dapat tercapai.

audit6

Kegiatan Audit Mutu Internal kali ini merupakan kegiatan audit yang pertama di tahun 2015 yang mengagendakan lingkup audit pada kelengkapan dokumen internal unit dan pengimplementasiannya serta memeriksa progres pencapaian sasaran mutu unit kerja ditahun 2015. Kegiatan audit kali ini diharapkan dapat lebih meningkatkan performa dan kinerja unit dalam penerapan sistem manajemen mutu dan dapat dijadikan penilaian dan evaluasi dimasing-masing unit kerja untuk selalu melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan di segala bidang sesuai dengan tupoksi dan prosedur yang berlaku serta dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas kerja secara lebih terarah sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran mutu institusi yang telah ditetapkan.

audit5

Pada kegiatan Audit Internal ini, ada satu kebanggaan sekaligus harapan bahwa dari enam (6) anggota auditor yang ada, 4(empat) diataranya telah bersertifikat internasional yang dikeluarkan oleh TUV Rheinland Indonesia. Tentu saja dengan adanya Auditor yang besertifikat, ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Politeknik Negeri Cilacap,bahwa para auditor yang ada adalah auditor yang berkompeten, sehingga hasil dari kegiatan audit yang telah dilakukan, mereka bisa memberikan masukan perbaikan dan peningkatan mutu.

Tujuan Audit Mutu Internal Periode ke-I:

  1. Menentukan pemenuhan dari sistem manajemen auditi yang sesuai dengan syarat mutu yang telah ditetapkan.
  2. Menentukan apakah sistem manajemen auditi telah dilaksanakan dan dipelihara secara cukup.
  3. Mengidentifikasi area yang berpotensi untuk perbaikan.
  4. Melakukan verifikasi dan identifikasi terhadap kelengkapan dokumen internal unit serta pengimplementasiannya.
  5. Memeriksa progres ketercapaian sasaran mutu unit terhadap sasaran mutu institusi ditahun 2015.
  6. Melakukan evaluasi kinerja unit selama triwulan pertama.

audit1

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates