Home » Berita » Deklarasi Kebangsaan Civitas Akademika Politeknik Negeri Cilacap

Deklarasi Kebangsaan Civitas Akademika Politeknik Negeri Cilacap

Politeknik Negeri Cilacap telah mendeklarisikan diri sebagai kampus yang bebas dari Radikalisme. Deklarasi menyepakati penolakan terhadap segala bentuk paham intoleran, radikalisme yang membahayakan Pancasila dan keutuhan NKRI.

“Saat ini akibat dari globalisasi, nasionalisme semakin pudar. Selain itu juga akibat dari hidup di era digital, informasi begitu cepat, dan tidak bisa membendungnya.” Ungkap Soedihono, ST.,MT- Direktur Politeknik Negeri Cilacap.

Lanjutnya “ Maka kita harus mengantisipasi, dari perubahan generasimuda, sebagai calon pemimpin bangsa, agar tetap menjaga NKRI, Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945 sebagai landasan dasar konstutusi, dan Bhineka Tunggal Ika, meskipun berbeda tetap satu” Katanya.

Dengan Ikrar atau Deklarasi tersebut, untuk membangun nasionalisme bersama-sama, dan menjaga  agar NKRI tetap utuh.  Apalagi kampus Politeknik Negeri Cilacap juga terdiri dari berbagai suku daerah.Deklarasi Kampus Bebas Radikalisme ini dibacakan dihalaman Kampus Politeknik Negeri Cilacap bersama seluruh Civitas Akademika  Politeknik Negeri Cilacap pada tanggal 24 Mei 2017. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, juga dalam rangka Pemilihan Duta Kampus PNC 2017. Pemilihan Duta Kampus ini, untuk membangun budaya akademik para mahasiswa utnuk menjunjung tinggi pada nilai pengetahuan dan teknologi serta untuk membangun karakter mahasiswa yaitu Jujur, Berdaya Saing, Cakap.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara jalan sehat keliling kampus. Tujuannya yaitu untuk menciptakan generasi yang sehat, kuat, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa, kami segenap Civitas Akademika Politeknik Negeri Cilacap berjanji:

  1. Setia dan menjunjung tingggi Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika.
  2. Setia menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI serta menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan dalam Kebhinekaan dan Perdamaian Dunia.
  3. Menghormati dan Menghargai perbedaan Suku, Agama, Ras, serta Golongan.
  4. Menolak segala bentuk Terorisme, Radikalisme, Paham Ekstrim lainnya yang mengancam dan mengganggu kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  5. Membela kebenaran dan keadilan.

 

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates