Home » Uncategorized » IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DENGAN METODE MAXI RAS DAN AQUAPONIC

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DENGAN METODE MAXI RAS DAN AQUAPONIC

Sejumlah Dosen dari Program Studi Teknik Mesin Pertanian (Murni Handayani, SP., M.Sc), Program Studi Teknik Informatika (Cahya Vikasari, S.T., M.Eng.), dan Program Studi Teknik Mesin Perikanan (Oto Prasadi, S.Pi., M.Si) Politeknik Negeri Cilacap berkolaborasi melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat Pendanaan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019 dengan mitra kelompok tani ikan Pokdakan Mina Jaya Desa Kalijaran

Masyarakat di Desa Kalijaran mayoritas mata pencahariannya adalah sebagai petani dan pembudidaya ikan. Terdapat kelompok tani ikan di Desa Kalijaran dengan nama Pokdakan Mina Jaya, sebanyak 44 orang yang terdaftar pada kelompok tani Pokdakan Mina Jaya dengan luas kolam 7950 m2. Pengabdian kepada masyarakat ini diangkat berdasarkan permasalahan yang ada di kelompok tani ikan Pokdakan Mina Jaya Desa Kalijaran. Kelompok tani ikan Pokdakan Mina Jaya melakukan budidaya ikan masih menggunakan kolam tanah. Beberapa kelemahan dari kolam tanah yaitu kondisi tanah yang rentan terhadap terjadinya kebocoran kolam akibat hewan perusak seperti kepiting, pada kolam tanah juga sulit untuk mengontrol hewan predator, adanya kesulitan mengontrol debit air, dan sulitnya mengontrol tekanan air terutama disaat hujan deras. Kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap kelompok tani ikan Pokdakan Mina Jaya Desa Kalijaran dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Agustus 2019 dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kelompok tani dalam teknologi untuk membudidayakan ikan dengan metode maxi ras yang akan mengadopsi sistem aliran air di sungai serta menambahkan metode untuk memproduksi tanaman yang dapat dikolaborasikan dengan budidaya ikan yaitu budidaya tanaman dengan konsep aquaponic.

Kelompok tani ikan Pokdakan Mina Jaya sebagai mitra, mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman, mahasiswa teknik mesin pertanian Politeknik Negeri Cilacap sangat antusias dalam menghadiri, mendengarkan, mengikuti serangkaian proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa tanggapan dan pertanyaan membuat komunikasi menjadi dua arah. Dengan adanya kegiatan ini mereka khususnya mitra menjadi faham dan bersemangat untuk melakukan kegiatan budidaya dengan teknologi baru yaitu maxiras dan aquaponic.

#Bangga Karya Sendiri, Menghargai Karya Orang Lain

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates