Home » Uncategorized » PELATIHAN PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DALAM USAHA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK

PELATIHAN PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK DALAM USAHA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK

Sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya tentang Pengabdian Kepada Masyarakat, sejumlah Dosen Politeknik Negeri Cilacap (PNC) mengadakan Pelatihan pengembangan kemasan produk dalam usaha meningkatkan pemasaran produk di Desa Maos tepatnya di UKM Jahe Merah Salsabila Maos. 

Desa Maos merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap. Dimana terdapat banyak usaha kecil menengah yang ada di wilayah tersebut, namun para pengusaha masih mengandalkan pada sistem penjualan secara offline dengan konsumen yang berada di wilayah lokal desa tersebut. Proses transaksi penjualan barang dan jasa dilakukan secara langsung face-to-face dimana antara penjual dengan pembeli bertemu dalam transaksi jual beli. Pemasaran yang dilakukan belum menjangkau wilayah yang lebih luas, karena masih minimnya kemauan dan pengetahuan dari pemilik usaha untuk memperluas pemasaran produk usahanya. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha dalam memperluas pasar yaitu melakukan pemasaran dengan mengikuti marketplace yang sudah ada. Dimana pemasaran dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia sehingga produk UKM desa maos mudah didapatkan oleh konsumen diseluruh Indonesia. Pengusaha dapat mempelajari teknik penjualan yang baru dengan menggunakan aplikasi marketplace yang sudah ada di Indonesia. Terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan pemasaran antara lain: Timing ( Pemilihan Waktu); Pesan iklan yang tidak sampai pada konsumen; Cara promosi yang kurang tepat; Data yang tidak up-to-date; Hanya menggandalkan satu media untuk beriklan; Tidak mengukur efektivitas promosi; Kurangnya komunikasi dengan konsumen. kemasan/packaging juga akan mempengaruhi pemasaran, kemasan yang baik hendaknya dapat menjadi media komunikasi / promosi yang mendongkrak penjualan, karena packaging pada saat ini mengalami pergeseran fungsi yang awalnya hanya melindungi sebuah produk, kini berfungsi sebagai identifikasi sebuah merk dagang. Berdasarkan observasi yang dilakukan terkait beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para penjual, yaitu lebih dalam hal pemasaran seperti minimnya iklan, data yang kurang up-to-date. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan pendampingan dalam membantu para pelaku usaha kecil menengan untuk meningkatkan pemasaran.

Proses pendampingan pada UKM yang ada di Desa Maos untuk membuat label kemasan produk yang mendukung proses pemasaran sehingga dapat dipasarkan melalui marketplace. Pelaksanaan pelatihan dilakukan pada bulan September 2018 didampingi oleh Tim Politeknik Negeri Cilacap yaitu Cahya Vikasari ST., M.Eng dan Abdul Rohman Supriyono, ST. ,M.Kom dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Peserta pelatihan merupakan pemilik usaha home industry dan masyarakat yang ada di Desa Maos, seperti usaha jenang maos, jahe merah, bandeng presto, ampyang/rengginang maos. Dengan diadakannya pelatihan dan pendampingan proses labeling kemasan dan pemasaran dengan marketplace akan membuka wawasan dan inovasi pemilik usaha untuk melakukan pemasaran yang lebih luas.

#Bangga Karya Sendiri, Menghargai Karya Orang Lain

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates