Home » Berita » PEMBENTUKAN IOM (Ikatan Orang Tua Mahasiswa) POLITEKNIK NEGERI CILACAP

PEMBENTUKAN IOM (Ikatan Orang Tua Mahasiswa) POLITEKNIK NEGERI CILACAP

iom1Pada hari Rabu, tanggal 16 September 2015 bertempat di Aula Politeknik Negeri Cilacap, telah dilakukan pertemuan dengan orang tua/wali mahasiswa . Pertemuan dengan orang tua/wali mahasiswa bertujuan untuk membentuk atau mendirikan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM). Acara pembentukan/pendirian IOM ini dihadiri oleh Jajaran Direksi Politeknik Negeri Cilacap, Orang Tua Mahasiswa dari ketiga Prodi sebanyak 535 orang, Narasumber dari Polman Bandung, dan Pengelola IOM dari Polman Bandung.

Latar belakang pembentukan IOM adalah bahwa Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap merupakan tunas bangsa yang terpilih karena kemampuan intelektual dan berbakat pada bidangnya dan akan menjadi pelaksana pembangunan nasional. Mereka datang dari seluruh wilayah Indonesia yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda-beda dan kemampuan finansialnya sebagian besar terbatas. Oleh karena itu timbul berbagai kesulitan yang menyangkut masalah tersebut, padahal mereka seharusnya mampu mencapai prestasi iom2yang lebih baik.

Menyadari keadaan tersebut, kerangka dasar pendirian IOM Politeknik Negeri Cilacap adalah berupaya menjalin kerjasama yang baik dengan orangtua mahasiswa, institusi Politeknik Negeri Cilacap, para pengusaha dan instansi lain yang terkait untuk ikut berperan aktif dalam menangani masalah ini. Dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, diharapkan IOM Politeknik Negeri Cilacap dapat berbuat banyak dalam melaksanakan program-program kerjanya. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menciptakan suasana yang lebih kondusif agar merka lancar dalam melaksanakan belajarnya, baik dalam program kurikuler maupun ekstrakurikuler yang sangat membantu menunjang kematangan hidupnya kelak dalam bersosioalisasi dengan lingkungan kerjanya maupun lingkungan masyarakat dimana mereka tinggal. Pada prinsipnya kegiatan IOM Politeknik Negeri Cilacap sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan, sehingga membantu mahasiswa maupun orangtua, institusi Politeknik Negeri Cilacap dan para pengusaha sebagai pengguna alumni Politeknik Negeri Cilacap.iom3

  1. TENTANG IOM

iom4IOM (Ikatan Orang Tua Mahasiswa) adalah organisasi yang mendedikasikan aktivitasnya untuk membantu mahasiswa yang karena keterbatasan kemampuan sosial mengalami kesulitan dalam membayar biaya kuliah. Organisasi ini lahir dari empati kolektif, perhatian dan kepedulian terhadap mahasiswa.

  1. TUJUAN
  • Menumbuhkan solidaritas sosial antar orang tua/wali mahasiswa di Politeknik Negeri Cilacap.
  • Menjalin komunikasi antara orang tua/wali mahasiswa dengan Politeknik Negeri Cilacap dalam kegiatan pendidikan.
  • Membantu penyelesaian studi mahasiswa.
  • Meningkatkan peran serta dan kepedulian orangtua/wali mahasiswa dalam kelangsungan pendidikan mahasiswa.
  • Meminimalisir jumlah mahasiswa DO (Drop out) dan memaksimalkan jumlah mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan.
  • Membantu mahasiswa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan memberikan bimbingan baik dalam hal keuangan, akademik dan personal (pribadi).
  1.   SEKILAS TENTANG IOM

  Anggota IOM – Politeknik Negeri Cilacap :

  1. Anggota biasa yaitu setiap orangtua atau wali mahasiswa.
  2. Anggota luar biasa yaitu orang yang masih menaruh simpati terhadap Politeknik Negeri Cilacap, yaitu:

    • Orangtua Alumni.
    •  Para Alumni yang sudah bekerja.
  3. Anggota kehormatan yaitu pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang menaruh simpatik kepada POLITEKNIK NEGERI CILACAP pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya.

    Struktur Organisasi:

Bentuk organisasi IOM dibuat sesuai dengan tujuan, yaitu : Ketua, Sekretaris, dan Bendahara sebagai pengurus harian. Sedangkan sebagai operasional organisasi dibentuk Bidang-bidang : Akademis, Usaha, Olahraga dan Kesenian, Rohani, Sosial dan Humas.

iom5

Sumber Pendanaan:

a. Untuk menunjang operasional program, diperlukan dana yang bersumber dari:

  1.  Iuran wajib dari orangtua/wali mahasiswa per-semester.
  2. Sumbangan sukarela.
  3. Jasa tabungan/deposito dari saldo dana yang ada di IOM.
  4. Para donator yang menaruh simpati terhadap Politeknik Negeri Cilacap.
  5. Jenis usaha lain yang sifatnya tidak mengikat.

b. Dana terhimpun dimanfaatkan untuk :

  1.  Beasiswa.
  2.  Bantuan SPP.
  3.  Bantuan tugas akhir.
  4.  Bantuan pemondokan.
  5.  Bantuan kesehatan.
  6. Bantuan kegiatan ekstrakurikuler : rohani, olahraga dan kesenian, organisasi/ kepemimpinan, pidato/debat dalam bahasa asing, seminar, penemuan/inovasi karya       ilmiah, bakti sosial pada masyarakat.
  7. Biaya operasional sekretariat.

Selain bantuan berupa dana, ada bantuan dari IOM yang tidak bersifat material misalnya bimbingan dan penyuluhan dan tempat menampung curahan hati mahasiswa/mahasiswi terutama yang jauh dari orangtua. Sejalan dengan tekad Politeknik Cilacap bahwa mahasiswa harus menyelesaikan studi tepat waktu dengan zero drop-out, maka IOM- Politeknik Negeri Cilacap mendukung tekad baik tersebut. Dukungan IOM- Politeknik Negeri Cilacap berupa bantuan sebagian pendanaan dan hal-hal yang bersifat "rasa" dan perhatian sebagaimana layaknya orangtua terhadap anaknya.

Kegiatan IOM-Politeknik Negeri Cilacap

  • Menjalin kerjasama yang baik dengan institusi Politeknik Negeri Cilacap, orangtua mahasiswa, Alumni IOM Politeknik Negeri Cilacap dan instansi lain.
  • Monitoring kegiatan dan bimbingan / penyuluhan mahasiswa.
  • Membantu dana : SPP/bantuan pendidikan, terkena musibah, kesehatan, lomba karya cipta ilmiah, lomba aktif-kreatif-produktif, tugas akhir, pemberian penghargaan, kunjungan industri, fasilitas olahraga, latihan dan pertandingan olahraga (sepak bola, volley, bulutangkis, tennis meja, bola basket, beladiri, panco, catur, mendaki tebing/gunung, footsal, dll), lomba debat bahasa Inggris, seminar teknologi, rekreasi, kegiatan keagamaan dan kesenian, berorganisasi, bakti sosial dll.
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates