Home » Uncategorized » PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI CILACAP : MARKET PLACE UNTUK PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN MAOS

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI CILACAP : MARKET PLACE UNTUK PENJUALAN PRODUK UMKM DI KECAMATAN MAOS

Sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan  dari Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya pada Dharma ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, (PKM), beberapa Dosen Politeknik Negeri Cilacap pada tanggal 6 November 2018 telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Maos Lor, Kecamatan Maos yaitu kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Maos Lor, Kecamatan Maos kini dapat memperluas jangkauan pemasaran produknya melalui aplikasi jual beli online yang dibuat oleh Dosen dan Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap. Pembuatan aplikasi sebagai wujud pemenuhan Tridharma ketiga dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Aplikasi yang beralamat di www.lapakmaos.com tersebut merupakan aplikasi jual beli online yang digunakan untuk menawarkan produk, memproses pembelian, konfirmasi pembayaran bahkan sampai pada informasi pengiriman barang. Melalui aplikasi tersebut calon pembeli dapat mengetahui semuajenis produk yang dijual oleh UMKM Desa Maos Lor.

Lebih lanjut lagi dikatakan oleh Nur Wahyu Rahadi, M.T. selaku ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) tersebut, bahwa dengan dibuatnya e-commerce lokal tersebut, UMKM dapat mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi kepada pelaku UMKM, Nur Wahyu Rahadi juga menyampaikan pentingnya kejujuran yang merupakan kunci dalam jual beli online. Pelaku bisnis harus dapat menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pembeli dalam bertransaksi sehingga akan menimbulkan rasa percaya untuk berbelanja kembali.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates