Home » Uncategorized » Peringati Dies Natalis PNC Semangat Menyongsong Era Digital

Peringati Dies Natalis PNC Semangat Menyongsong Era Digital

A SPIRIT TO OUR TRADITION BY OUR CREATIVITY

(Humas PNC) – Memperingati Dies Natalis ke-4, Politeknik Negeri Cilacap (PNC) menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk peningkatan daya kreatifitas mahasiswa baik dari sisi minat, bakat, maupun keilmuan. Berbagai kegiatan diselenggarakan di kampus PNC sejak Minggu (30/9) sampai acara puncak pada Sabtu (6/10) kemarin. Rincian kegiatan mulai dari bidang olah raga yakni kompetisi Voli, Badminton, Futsal, Catur dan Senam. Selain itu juga ada kegiatan sosial yakni donor darah.

PEMB JALAN SEHAT 1Sedang di bidang keilmuan diselenggarakan pula Debat Bahasa Inggris, PNC Idol dan PNC Expo yang memamerkan hasil karya mahasiswa dari pos pendidikan dalam perkuliahan yang bentuknya produk. Tak ketinggalan pula acara-acara bernuansa seni dan budaya, yakni Lomba tumpeng, Bnd Competition dan Band Competition. Sedang pada puncak acara, PNC menampilkan perkumpulan kesenian Cilacap, Tabuh Sing Moni.

Direktur PNC, Soedihono, Dipl.Ing.ST.,M.T mengaku perkembangan PNC di usia ke-4 tahun ini tak lepas dari dukungan masyarakat. Ia mengurai, menerapkan  2 strategi untuk membangun PNC. Strategi pertama, mengubah status swasta menjadi Negeri. Strategi ini untuk meningkatkan animo masyarakat Cilacap. Pasalnya, 5 tahun lalu animo masyarakat yang kuliah di Poltek Cilacap sangat rendah. "Alhamdullilah animo masyarakat menjadi besar. Terbukti dengan kapasitas 320 Mahasiswa yang mendaftar mencapai 2700," kata Soedihono.

Strategi kedua, membangun branding PNC. Branded telah dilakukan dengan beberapa macam aktivitas, seperti perbaikan kurikulum, perbaikan dosen, peningkatan dosen, mengirimkan dosen untuk study lanjut serta sebagian  perbaikan fasilitas. "Dalam tahun ini kita sudah berupaya keras untuk masalah fasilitas akademik yang masih perlu pemerintah untuk membantu perkembangan poltek cilacap khususnya sarana prasarana.   Jadi kita sudah membuatkan design untuk kampus tetapi sampai hari ini blm terlaksana. Padahal luas tanah ada 10 hektar dan baru dibangun 3 hektar,  mahasiswa juga sudah semakin besar," ujar Soedihono.

Meski ada keterbatasan, animo masyarakat masih begitu besar. Pasalnya  masyarakat masih butuh pendidikan seperti Poltek. "Saya berharap Pemerintah pusat dan masyarakat harus berkonstribusi membangun Pendidikan-Pendidikan Poltek. Khususnya PNC ini," lanjutnya.Selain itu, Soedihono juga menyinggung perlunya perbaikan mutu. Pasalnya saat ini dunia era digital di depan mata. Maka dibutuhkan lulusan yang kreatif yang sanggup menghadapi Era Revolusi Industri yang ke-4 yaitu revolusi digital. "Harapan saya kepada para penerus PNC ciptakan pendidikan yang mampu menghasilkan Alumni- Alumni yang kretif dan berkualitas, Alumni yang mampu menyelesaikan problem yang complicated," pungkasnya.

Ketua Dies Natalis Pujono, ST.M.Eng mengharapkan dalam rangkaian diesnatalis yang ke-4 ini berharap PNC dapat semakin exis dalam keterlibatan dalam membangun  SDM bagi bangsa Indonesia. SDM bagus menurutnya akan membentuk dan dapat memberi kontribusi nyata pada pembangunan di Indonesia. "Saya kira  mahasiswa kita juga sudah punya modal cukup bagus. Bertambahnya waktu, juga semakin bagus, baik dari proses pembelajaranya maupun sikap mereka dalam mengikuti pembelajaran," ujarnya.

Ketua Panitia perwakilan dari Mahasiswa, Lia, juga berharap sesuai tema Dies Natalis tahun ini "A Spirit to Show our Tradition by Our Creativity"   mahasiswa jadi lebih tahu dan selalu ingat dengan kebudayaan kita. Ia menegaskan anak-anak muda boleh mengikuti jaman tapi jangan melupakan Tradisi.  

Pada penyelenggaraan Dies Natalis ini, acara juga disemarakkan dengan Seminar. Sebagai Narasumber adalah Tri Aditia dari Pertamina Cilacap. Seminar itu diagendakan untuk menyiapkan generasi yang mampu bersaing dan bekerja di dunia industri. Mahasiswa pun diharap akan termotivasi, tertata belajarnya sehingga kedepannya lulus dan bisa cepat terserap di dunia kerja.

Hasil Perlombaan dalam Rangkaian Dies Natalis Ke 4

A. Juara Debating Championship :

1. STIKES Al-Irsyad Al Islamiyyah

– Muhammad Dimas Zamzami

– Aulia Azzam Jihad

2. Teknik Elektronika 2A

– Yusuf Afif Ubadah

– Farhan Fatur Alamsyah

3. Teknik Listrik 1A

– Juan Prizzy Thomas

– Lulu Khumaida

B. Best Speaker : Juan Prizzy Thomas_

C. Speech Contest :

    1. Jahrona Matni Azizah (T. Elektronika 1B)

2. Lutfia Rizkyani (STIE Muhammadiyah)

3. Umi Sholihah (Univ. NUGHA)

D. PNC Expo;

Juara I    : Jurusan Teknik Elektronika

Jauara II : Jurusa Teknik Mesin

Juara III  : Prodi TRPPL

E. PNC IDOL:

Katagori Dankdut;

Juara I    : Ayu Ila Sartika (TL 1 D)

Juara II   : Dwi Rizky Luminta (TE 2A)

Juara III  : Istiqomah (TE 2C)

Katagori Pop;

Juara I    : Zulfa Fauziyah (TI 2C)

Juara II   : Evi Novitasari (TI 2A)

Juara III  : Anggit Wicaksono (TM 1B)

F. FOTHOGRAFI

Juara I    : Teknik Listrik 2A

Juara II   : Teknik Informatika 2C

Jauara III : Teknik Mesin 1D

G. BADMINTON

Ganda Putra:

Juara I    : Teknik Listrik 2A

Juara II   : Teknik Informatika 3C

Juara III  : Teknik Listrik 1B

H. VOLLY BALL

Putra

Juara I    : Teknik Elektro Smt VI

Juara II   : Teknik Listrik Smt I

Jauara III : Teknik Elektro Smt III

Putri

Juara I    : Teknik Elektro+ Teknik Listrik Smt 1

Juara II   : Teknik Elektro+ Teknik Listrik Smt 3

Juara III  : Teknik Rekayasa Pencegahan Pencemaran Lingkungan

I. CATUR

Juara I  : Vicky Prasetya (Dosen Teknik Listrik)

Juara II  : Rais (TE 2B)

Juara III : Thomas (TM 1c)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates