Home » Uncategorized » PNC Adakan Sosialisasi Bimtek Pengelolaan Keuangan Negara

PNC Adakan Sosialisasi Bimtek Pengelolaan Keuangan Negara

bimtek1Politeknik Negeri Cilacap mengadakan sosialisasi bimbingan teknis tatakelola keuangan negara bagi pengelola keuangan di lingkungan. Politeknik Negeri Cilacap pada hari Sabtu, 25 April 2015 yang lalu di Ruang Aula Politeknik Negeri Cilacap dengan menghadirkan Bagian Perencanaan dan Penganggaran – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebanyak 12 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran – DIKTI yaitu Bapak Akhmat Mahmudin. Sementara itu dari Politeknik Negeri Cilacap, hadir sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III, Kepala Bagian Umum Akademik dan Keuangan, Para Ketua Jurusan, Ketua PPM, Kepala P4MP, Kasubag Umum, Kasubag Akademik, Kasubag Keuangan, para Kepala UPT dan Karyawan terkait Politeknik Negeri Cilacap.

Wakil Direktur II Pbimtek2oliteknik Negeri Cilacap, Riyadi Purwanto, ST.,M.Eng dalam sambutannya mengatakan bahwa bimtek ini sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman dan informasi terbaru khususnya yang berkaitan dengan permasalahan keuangan. Selama ini banyak terjadi persoalan yang berkaitan dengan keuangan diakibatkan masih minimnya pengetahuan pengelola keuangan terhadap peraturan keuangan. Terlebih lagi Politeknik Negeri Cilacap merupakan Politeknik Negeri Baru yang saat ini masih dalam masa transisi adalah wajar jika para pengelola keuangan di PNC perlu belajar dan menyesuaikan diri dengan aturan-aturan tata kelola keuangan Negara. Riyadi Purwanto,ST.,M.Eng berharap kepada peserta agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya dengan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya. Jika ada yang belum dipahami berkaitan dengan tugas masing-masing untuk tidak malu bertanya kepada narasumber. Dengan demikian diharapkan kesalahan pengelolaan tidak terulang di masa yang akan datang.

Sementara itu Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Akhmat Mahmudin dalam Pengarahannya menyampaikan bahwabimtek3 tujuan dari Bimtek ini adalah untuk peningkatan pemahaman khususnya tentang tatakelola dan sistem keuangan Negara. Politeknik Negeri Cilacap sebagai perguruan tinggi negeri baru, tentu banyak mengalami kesulitan dalam penyusunan anggaran, hal ini terkait adanya aturan dan sistem keuangan yang baru dan wajib diikuti.  Anggaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi , cukup besar sehingga memerlukan tata kelola keuangan yang semakin baik dan akuntabel. Didalam penyusunan anggaran, ada beberapa aturan-aturan yang mesti dipakai sebagai pedoman/dasar hukum, yaitu :

  1. UU No. 12 Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi, terkait Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  2. UU APBN No.27 Tahun 2014 tentang APBN 2015
  3. PMK 190/PMK.05 tentang Tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN
  4. PMK 73/PMK.05 tentang Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan LPJ Bendahara
  5. PMK 53/PMK.02/2014 tentang Standart Biaya Masukan Tahun 2015
  6. PMK 252/PMK.05/2014 tentang Rekening Milik Kementerian Negara/Lembaga/SatuanKerja.

Dari hasil Bimtek ini, Akhmat Mahmudin berharap kedepan Politeknik Negeri Cilacap dapat melaksanakan tata kelola keuangan yang lebih baik.

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates