Home » Berita » PNC DEBATING CHAMPIONSHIP

PNC DEBATING CHAMPIONSHIP

deb1

(HUMAS PNC) – Jumat tanggal 15 April 2016, Direktur Politeknik Negeri Cilacap Soedihono Dipl.Ing.,ST.,MT secara resmi telah membuka acara PNC DEBATING CHAMPIONSHIP di Aula  Politeknik Negeri Cilacap. Kegiatan PNC DEBATING CHAMPIONSHIP yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Politeknik Negeri Cilacap dikuti oleh sebanyak 30 peserta yang merupakan perwakilan dari ke-3 jurusan yang ada di Politeknik Negeri Cilacap dari tingkat 1 dan 2 yaitu : Teknik Elektronika, Teknik Informatika dan Teknik Mesin. Acara tersebut dilaksanakan di dua tempat yang berbeda secara paralel yaitu : 1. Aula, 2. Lab Bahasa. Hadir dalam acara ini adalah Direktur PNC, Wakil Direktur I, Wakil Direktur III&IV, Kajur Teknik Elektronika dan Kepala UPT Bahasa.

deb2Latar Belakang dari diselenggarakannya lomba debat bahasa inggris adalah bahwa Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasional dan internasional terus meningkat seiring dengan pemberlakuan pasar bebas dan atau peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skill, soft skill) yang semakin tinggi.

Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menetapkan pola pembinaan mahasiswa untuk memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya. Salah satu usaha pembinaan tersebut adalah melalui kompetensi debat yang diadakan dalam bentuk PNC Debating Championship.

Kegiatan debat telah lama menjadi kebutuhan dunia akademik mahasiswa. Tuntutan kompetensi penguasaan pengetahuan dan wawasan global menjadi salah satu alasan mengapa debat perlu menjadi bagian akademik mahasiswa. Di saat negara-negara berkembang mewajibkan muatan debat ke dalam kurikulum pendidikan mereka, Indonesia perlu terus menjadikan debat sebagai bagian kajian akademikdalam bentuk apapun.

Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisis mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional. Sudah tepat jika institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetensi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi.

Tujuan kegiatan lomba ini adalah untuk;

  1. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah.
  2. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan dan menciptakan kompetisi yangsehat antar mahasiswa.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis sehinggamahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. 
  4. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.
  5. Memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.

 

  1. Hasil Kegiatan dari kegiatan lomba ini adalah sebagai berikut:

    1. Terdapat 30 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas tingkat 1 dan 2 di Politeknik Negeri Cilacap, tetapi perwakilan dari kelas TI 1C dan TM 1A tidak hadir dan perwakilan dari kelas TE 2A dan kelas TM 1B hanya 1 orang.
    2. Lomba diselenggarakan secara parallel di 2 (dua) ruangan yang berbeda.
    3. Pada tahap pertama sesi pertama, peserta mendapatkan mosi: “THBT education is the responsibility of the government.” Dan pada tahap pertama sesi kedua, peserta mendapatkan mosi: “THW ban human cloning.” tahap pertama ini,tim yang berhasil lolos ketahap 8 besar yaitu: TM 2C, TI 2C, TI 1D, TI 1B, TE 1C, TE 1B, TE 1A, TI 1A.
    4. Pada tahap kedua (8 besar), peserta mendapatkan mosi: “THBT racially specific TV shows are step back in the battle against racism. tahap ini, tim yang berhasil lolos ketahap final yaitu: TE 1C, TI 1B, TI 2C, TM 2C.
    5. Pada tahap final, peserta mendapatkan mosi: “THW make military service compulsory.”
    6. Hasil dari tahap final yaitu:

      • pertama       : kelas TI 1B
      • kedua           : kelas TM 2C
      • ketiga           : kelas TI 2C

            Best speaker: WahyuWardian (TM 2C)

  1. Kesimpulan

Pelatihan debat harus terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap dalam wadah debat berbahasa Inggris.

deb3 deb4 deb5

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates