Home » Berita » POLITEKNIK NEGERI CILACAP MENYELENGGARAKAN BIMTEK PRODUKSI IKM BENGKEL LAS

POLITEKNIK NEGERI CILACAP MENYELENGGARAKAN BIMTEK PRODUKSI IKM BENGKEL LAS

las1

Pada tanggal 29 sampai dengan 23 Oktober 2015, Direktorat Industri Kecil dan Menengah Wilayah II – Direktorat Jendral Industri dan Menengah -Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Politeknik Negeri Cilacap menyelenggarakan Bimbingan Teknis Produksi IKM Bengkel Las Bubut Kabupaten Cilacap selama 5 hari yaitu mulai tanggal 19 – 23 Oktober 2015. Dalam Bimtek ini diikuti oleh sebanyak 25 Wirausahawan Baru IKM.

Latar Belakang diselenggarakannya Bimtek Produksi IKM Bengkel Las

las2Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia adalah masalah pengangguran dan kemiskinan. Pertambahan jumlah angkatan kerja dari tahun ke tahun makin bertambah. Di lain pihak akibat dari krisis finansial global yang diikuti pemutusan hubungan kerja (PHK), pengangguran di Indonesia mengalami kenaikan. Sementara pembangunan ekonomi yang telah tercipta tidak sanggup menyediakan kesempatan kerja yang lebih cepat daripada pertambahan penduduk. Pengangguran yang tinggi berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kemiskinan, kriminalitas dan masalah-masalah sosial politik yang juga semakin meningkat. Dengan jumlah angkatan kerja yang cukup besar, arus migrasi yang terus mengalir, serta dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini, membuat permasalahan tenaga kerja menjadi sangat besar dan kompleks.

las3Pada tahun 2014, pembinaan dan pengembangan IKM yang akan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai kemandirian, sehingga diharapkan akan membentuk masyarakat yang mandiri. Melalui kewirausahaan, para calon wira usaha baru dibimbing dan didorong untuk meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha, terutama melalui peningkatan etos kerja, kreativitas dan inovasi, produktivitas, kemampuan membuat keputusan dan mengambil resiko, serta kerjasama yang saling menguntungkan dan menerapkan etika bisnis. Dalam rangka memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan di kalangan masyarakat berbagai program telah dilakukan antara lain melalui pemberian bimbingan teknis produksi bekerjasama dengan praktisi dan stakeholder terkait.

las4Saat ini, banyak jenis barang yang terbuat dari logam. Hal itu tak mengherankan sebab logam mempunyai beberapa keunggulan. Logam mudah dibentuk sesuai keperluan kita. Kelebihan lainnya terletak pada sifatnya yang kuat dan keras. Logam juga dapat menghantarkan panas dan listrik. Sifat-sifat itulah yang menjadikan logam sebagai bahan yang paling banyak digunakan, baik itu dalam lingkup sederhana seperti peralatan rumah tangga maupun buat industri skala besar. Begitu pun dalam bidang industri. Bahan-bahan yang terbuat dari logam semakin banyak digunakan. Contohnya besi cor, alumunium atau baja. Bahkan, industri pesawat terbang membutuhkan banyak alumunium sebagai bahan baku. Maklum, alumunium mempunyai keunggulan sifat, yaitu ringan dan tak mudah berkarat. Tak hanya itu, alat transportasi modern layaknya motor dan mobil tentu memerlukan jasa las untuk mengerjakan penyambungan besi ketika putus maupun mengelas body kendaraan yang keropos.

las5Pada dasarnya setiap barang itu tercipta utuh dan dapat dipergunakan sebab adanya perakitan ataupun penyambungan. Salah satu caranya adalah dengan pengelasan. Agar sambungan itu permanen, maka diperlukan teknis pengelasan. Untuk itulah, usaha bengkel las menjadi semacam kebutuhan yang akan banyak dicari orang dan dapat berkembang. Dalam  upaya  untuk lebih banyak lagi menciptakan Wira Usaha Baru di wilayah Jawa Tengah khususnya,  pada tahun 2015 ini, Direktorat IKM Wilayah II  Ditjen IKM Kementerian Perindustrian melakukan Bimbingan Teknis Produksi IKM bagi para calon Wirausaha Baru IKM di Wilayah Kabupaten Cilacap di bidang pengelasan  sehingga diharapkan dapat menyokong tumbuh dan berkembangnya IKM bengkel las di Kabupaten Cilacap.

Tujuan diadakannya Bimtek adalah;

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
  2. Memberi keterampilan di bidang sandang khususnya jasa bengkel las.
  3. Melatih calon wirausaha baru produk batik agar mampu mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates