Home » Berita » PT. PELABUHAN INDONESIA III ( Persero) BEKERJASAMA DENGAN POLITEKNIK NEGERI CILACAP MENGADAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MITRA BINAAN PELINDO

PT. PELABUHAN INDONESIA III ( Persero) BEKERJASAMA DENGAN POLITEKNIK NEGERI CILACAP MENGADAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MITRA BINAAN PELINDO

pelindoMewirausahakan masyarakat dan memasyarakatkan wirausaha sudah saatnya tidak hanya sekedar slogan yang biasa dipampang di tempat – tempat umum. Slogan ini memiliki makna penting di zaman serba sulit dan terbatasnya mendapatkan pekerjaan. Mendorong masyarakat untuk mau berwirausaha dapat menjadi alternative solusi efektif dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.

Kewirausahaan pada dasarnya menyangkut sikap mental yang ingin maju, penuh tanggung jawab, punya dedikasi, percaya pada kemampuan diri, percaya pada kekuasaan Sang Pencipta, penuh inisiatif, menolong dan menghargai sesamanya, bersedia berkorban demi orang lain, jujur dan bebudi luhur.

Kekayaan seorang wirausaha adalah sikap mental positif terhadap pekerjaan menikmati dan berdedikasi terhadap pekerjaan yang menggairahkan, menarik dan memberi kepuasan. Tekad dan keteguhan hati, pengalaman, ketekunan dan bekerja keras, menjadi prasyarat menjadi wirausaha yang berhasil.

Kemampuan wirausahawan adalah melaksanakan pekerjaan yang selalu lebih baik dari sebelumnya dengan mencari, menciptakan menerapkan cara kerja baru, memanfaatkan teknologi baru dengan penggunaan sumber daya dan waktu secara efisien untuk meraih kinerja dan memberi manfaat bagi pribadi, masyarakat dan Negara tidak semata – mata untuk memperoleh keuntungan pribadi.

Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, PT. Pelabuhan Indonesia III (Pelindo) melalui  Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Cilacap, pada tanggal 1-2 Juni 2015 bertempat di Aula PT. Pelindo yang beralamat di Jalan Laut Jawa mengadakan Pelatihan Kewirausahaan untuk Mitra Binaan Pelindo.

Pelatihan Kewirausahaan untuk Mitra binaan Pelindo ini diikuti sebanyak 44 mitra binaan yang berasal antara lain dari Cilacap, Cimanggu, Banjarnegara dan Wonosobo. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji didampingi oleh Direktur SDM dan Umum PT. Pelindo III Toto Heliyanto dan Manager Umum PT. Pelindo Cilacap Djumadi.

PT. Pelindo III Cilacap dalam membangun kemitraan dengan usaha kecil dan menengah  yaitu dengan cara membantu permodalan melalui pinjaman lunak. Mitra binaan Pelindo terdiri dari Pedagang, Produsen, Pengrajin dan lain lain

Sebelum  diberikan modal mereka terlebih dahulu dibekali dengan ilmu wawasan dan pengetahuan seputar bisnis dan wirausaha.

Adapun materi yang disampaikan meliputi :

1, Kewirausahaan

2. Peluang bisnis

3, Pemasaran dan bagaimana membangun kepuasan pelanggan

4. Sumber Daya Manusia

5. Manajemen Kuangan

Setelah Pelatihan Kewirausahaan diharapkan peserta mampu :

  1. Melihat dan mengevaluasi peluang, serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk pendirian atau pengembangan unit usaha.
  2. Mobilisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai produktivitas tinggi.
  3. Mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses dalam usaha

Diakhir acara disediakan pula klinik bisnis.

pelindo ii

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates