Home » Berita » UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2016

UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2016

hardiknas1

(Humas PNC): Senin, tanggal 2 Mei 2016 bertempat di halaman Politeknik Negeri Cilacap, telah dilaksanakan upacara dalam rangka peringatan hari Pendidikan Nasional tahun 2016  yang diikuti oleh seluruh Karyawan, Dosen dan Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap.  Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Direktur Politeknik Negeri Cilacap.

hardiknas2HARDIKNAS kita peringati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai. Namun, juga untuk kita merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia. Perjalanan tersebut menjadi tonggak untuk upaya kita selanjutnya dalam memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas bagi putra putri bangsa, menciptakan SDM IPTEK Indonesia yang terampil, dan meningkatkan kapasitas penciptaan beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing industri, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Demikian sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. H.Mohamad Nasir, Ph.D., Ak pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 yang dibacakan oleh Direktur Politeknik Negeri Cilacap Soedihono, Dipl.Ing.,ST.,MT.

Tema dalam Peringatan HARDIKNAS kali ini adalah “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”

Lebih lanjut Menristekdikti mengatakan bahwa melalui pendidikan tinggi, kita mempersiapkan SDM IPTEK yang akan bersaing dalam pasar kerja nasional maupun internasional, serta akan memenuhi beragam tempat kerja.

Ada banyak pekerjaan yang perlu kita lakukan, yang pada dasarnya akan mereformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi kita – deregulasi, penyediaan pendidikan yang fleksibel dan berorientasi pada siswa dan pangsa pasar, perubahan kurikulum, penyediaan dosen, guru besar, dan tenaga kependidikan yang profesional, pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, model bisnis pendidikan yang baru, orientasi pada keterampilan yang teruji dan berdaya saing, pengembangan bidang ilmu strategis, revitalisasi kelembagaan, kemampuan pendidikan tinggi untuk menghasilkan riset dan inovasi yang kompetitif, dan lain-lain.

Pada tahun 2015 menurut World Economic Forum, indeks inovasi Indonesia mencapai 4,6 atau peringkat 30 dunia, sedangkan indeks inovasi pendidikan tinggi adalah 4,0 atau peringkat 60 dunia. “Kita masih perlu bekerja secara inovatif, sehingga kita bisa meningkatkan peringkat indeks inovasi pendidikan tinggi Indonesia di peringkat 56 pada tahun 2020”  demikian ungkap Menristek Dikti.

 

“Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”

hardiknas3

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates