Home » Uncategorized » Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan PowerPoint Bagi Guru-guru di Kabupaten Cilacap

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan PowerPoint Bagi Guru-guru di Kabupaten Cilacap

Sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi (Pengabdian Kepada Masyarakat), Isa Bahroni, M.Eng. selaku dosen Politeknik Negeri Cilacap telah menyelenggarakan Workshop pembuatan media pembelajaran berbasis Android menggunakan PowerPoint. Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Guru-Guru dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMA dengan antusias mengikuti acara ini yang diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 29 September 2018 bertempat di Ruang Sidang SMK Negeri 1 Cilacap.

Ketua panitia, Isa Bahroni, M.Eng. sekaligus sebagai pembicara merasa kaget dengan animo peserta yang begitu besar untuk mengikuti workshop ini. “Saya kaget, baru satu hari diumumkan kuota langsung penuh bahkan masih banyak yang ingin mendaftar tetapi kami tolak karena ruangan sudah tidak mencukupi” ujar beliau. Awalnya beliau ragu apakah akan mendapatkan peserta jika menyelenggarakan workshop ini, ternyata repon masyarakat terutama bapak dan ibu guru begitu besar pada materi workshop ini.  “Membuat media Pembelajaran berbasis Android merupakan terobosan baru” lanjutnya. Selama ini beliau sebagai dosen mengetahui bahwa untuk membuat aplikasi android cukup rumit dan harus mengerti bahasa pemrograman tetapi dengan adanya teknik ini maka membuat aplikasi android cukup mudah dengan PowerPoint saja. Tentu hal ini menjadikan motivasi yang besar bagi para guru dalam mengikuti acara ini. Mereka memiliki niatan yang begitu besar untuk mengupgrade media pembelajaran mereka mengikuti perkembangan jaman. “Sekarang jamannya sudah serba android, siswa-siswa kami juga sudah pakai android untuk itu gurunya pun harus mengikuti perkembangan jaman”, Kata salah satu guru pada acara tersebut.

Pembicara utama pada acara ini adalah Agus Suparno, M.Eng. sebagai salah satu MVP (Most Valuable Proffessional) Microsoft, Agus sangat aktif dalam mengisi kegiatan seminar-seminar atau workshop. Software yang mengubah android menjadi aplikasi PowerPoint adalah penemuan Agus dalam beberapa tahun terakhir. “Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para guru bisa menghadirkan materi pembelajaran yang menarik bagi siswanya” ujar Agus. Aplikasi yang digunakan dalam workshop ini diberi nama SaktiBuilder. SaktiBuilder lah yang menjembatani antara PowerPoint sehingga menjadi Android. (Humas_PNC 2018)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates