Home » Berita » WORKSHOP REAKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA

WORKSHOP REAKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA

reakreditasi1Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan peraturan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa evaluasi pendidikan yang terdiri dari kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu pendidikan harus dilakukan baik terhadap program studi maupun terhadap institusi pendidikan secara berkelanjutan. Sistem Penjaminan Mutu Internal PT telah dimasukan dalam PP No. 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi. Bahkan pada UU No. 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Penjaminan Mutu, dimasukan dalam satu bab yaitu Bab III Pasal 51 – 57.

Kemedikbud mensyaratkan bahwa untuk meluluskan mahasiswa, pendidikan tinggi harus diakreditasi oleh BAN-PT. Dengan demikian sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi (SPM-PT) yang acceptable dan applicable menjadi suatu keharusan untuk dipenuhi oleh institusi.

reakreditasi2Politeknik Negeri Cilacap sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi juga wajib melaksanakan penjaminan mutu dengan melaksanakan akreditasi oleh BAN-PT. Oleh karenanya pada tanggal 11 Juni 2015 bertempat di Ruang Meeting Lt.2 Politeknik Negeri Cilacap telah dilaksanakan Workshop Re-Akreditasi Program Studi Teknik Elektronika yang diikuti oleh sebanyak 25 Peserta terdiri dari dosen dan staf yang terlibat dalam penyusunan borang akreditasi prodi.  Sebagai Narasumber dalam kegiatan workshop ini Ir. Edy Suwarto, M.T , Asesor BAN-PT Program Diploma, dari Politeknik Negeri Semarang (POLINES).

Direktur Politeknik Negeri Cilacap Soedihono, Dipl.Ing.,ST.,MT dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta Workshop agar memanfaatkan kegiatan ini dengan baik dan mau belajar dari Asesor yang telah berpengalaman di bidang Akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT, sehingga ketika penyusunan Borang Akreditasi Program Studi nanti bisa menghasilkan dokumen borang yang benar –benar  sesuai dengan 7 standar penilaian dari BAN-PT. Kita berharap pada Akreditasi  kali ini Politeknik Negeri Cilacap mendapatkan predikat akreditasi “A” dari BAN-PT.

reakreditasi3Kegiatan akreditasi program studi pertama telah dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Cilacap pada tahun 2011 dengan hasil akreditasi adalah “C” dengan masa berlaku status akreditasi hingga tahun 2016. Ditahun 2015 ini Politeknik Negeri Cilacap akan melaksanakan akreditasi kembali untuk program studi dengan harapan akan ada perbaikan status akreditasi minimal adalah “B” atau terakreditasi baik sesuai tuntutan Permendikbud Nomor 87 Tahun 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Reakreditasi ulang untuk Politeknik Negeri Cilacap perlu dilakukan untuk meningkatkan status kepercayaan masyarakat pada umumnya.

TUJUAN

Adapun tujuan penyelenggaran workshop reakreditasi Program Studi D3 Teknik Elektronika adalah sebagai berikut :

1. Memberikan wawasan dalam rangka penyusunan borang akreditasi untuk prodi D3 Teknik Elektronika.

2. Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

3.  Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi

4. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

OUTPUT

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah;

1. Rumusan reakreditasi hasil masukan dari narasumber

2. Tersusunnya dokumen borang akreditasi Prodi D3 Teknik Elektronika yang akan diajukan ke BAN-PT

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates