Home » Uncategorized » SEBANYAK 72 MAHASISWA SEMESTER II PRODI TEKNIK ELEKTRONIKA LAKUKAN STUDI EKSKURSI KE PT.INKA-MADIUN

SEBANYAK 72 MAHASISWA SEMESTER II PRODI TEKNIK ELEKTRONIKA LAKUKAN STUDI EKSKURSI KE PT.INKA-MADIUN

Politeknik Negeri Cilacap (PNC) kembali menggelar Studi Ekskursi bagi mahasiswa-mahasiswinya. Kegiatan ini diadakan di PT. Industri Kereta Api (PT.INKA) , Madiun, 18-19 Februari 2019.  Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu 1). Kunjungan (Site Visit) lapangan ke lokasi produksi gerbong, bogie dan bagian perakitan perangkat kelistrikan kereta api. 2) Penjajagan kerjasama industri khususnya Pelaksanaan Magang Industri bagi Mahasiswa-mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap.  Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 72 Mahasiswa semester II Program Studi Teknik Elektronika.

Kedatangan Mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Cilacap (PNC) diterima di Aula PT. Industri Kereta Api (Persero)  dan disambut  oleh Bapak Exiandri Bambang P.  selaku Manager Humas dan Protokoler PT. INKA.

Masih ditempat yang sama, acara dilanjutkan dengan Presentasi tentang Company profil PT. Industri Kereta Api (Persero) oleh bapak Exiandri Bambang P. selaku Manager Humas dan Protokoler dan Materi tentang perkembangan teknologi perkeretaapian oleh ibu Noor Aisyah dari divisi teknologi.

Setelah mendapatkan sambutan  dan Presentasi dari PT. Industri Kereta Api (Persero), mahasiswa-mahasiswi kemudian diarahkan untuk Kunjungan (Site Visit) yang didampingi oleh pembimbing lapangan ke lokasi produksi gerbong, bogie dan bagian perakitan perangkat kelistrikan kereta api . Terlihat seluruh peserta studi ekskursi sangat antusias dan serius mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut tercermin dari pertanyaan dan respon dari para peserta kepada pihak perusahaan.

Dari hasil Studi Ekskursi tersebut banyak manfaat yang diterima oleh mahasiswa, antara lain :

1). PT. INKA bersedia menerima mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap untuk magang industry selama 6 bulan yang akan dimulai pada tahun      2019.  Politeknik Negeri  Cilacap dapat mengirimkan proposal magang industry ke PT. INKA melalui bagian Human Capital.

2). Mahasiswa dapat belajar tentang prosedur engineering mulai dari desain, implementasi dan pengujian.

3). Kompetensi utama yang harus dimiliki mahasiswa adalah dalam bidang desain, mahasiswa minimal menguasai software untuk gambar      seperti autocad.

“Kegiatan studi ekskursi untuk melengkapi mutu pembelajaran ekstra, intra, dan co-kurikuler.  Mahasiswa tidak cukup hanya dengan membaca buku yang diajari dikelas,” jelas Galih Mustiko Aji selaku Ketua Jurusan Teknik Elektronika PNC. Kegiatan studi ekskursi menjadi salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan yang dalam hal ini adalah dunia industri. “Selain itu, studi ekskursi, selain dapat menambah cakrawala berfikir masing-masing mahasiswa, studi ekskursi sebagai penunjang penilaian akreditasi program studi. (Humas PNC 2019)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates