Home » Uncategorized » UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2019

UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2019

Pengibaran Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019

(PNC, Kamis, 02/05/2019) Penyelenggaraan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional/ Hardiknas 2019 di Politeknik Negeri Cilacap (PNC) berjalan dengan hikmat dan lancar. Para peserta baik Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa mengikuti jalannya acara dengan penuh semangat.
Bertindak selaku pembina upacara yaitu Wakil Direktur I Bidang Akademik Dr.Eng. Agus Santoso. Peringatan Hardiknas Tahun 2019 kali ini mengangkat tema “ SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter.

Dalam sambutannya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dibacakan oleh pembina Upacara bahwa, “dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan. Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendorong kesejakteraan semua kalangan. Salah satu langkah yang dilakukan diantaranya adalah membangun SDM berkualitas penduduk berusia muda dan dewasa untuk memiliki pengetahuan dan skill yang relevan, termasuk technical and vocational skill,agar mampu mendapat pekerjaan layak dan memiliki jiawa kewirausahaan. “ Maka jelas memajukan pendidikan tinggi sama dengan kita berperan dalam implementasi SDGs untuk tujuan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia”
Lebih lanjut Menristekdikti menyampaikan, dalam revolusi pendidikan tinggi, kini kita bisa temui berbagai jenis online education, MOOCs (massive open online courses), hingga cyber university; yang telah dikembangkan oleh universitas-universitas ternama didunia termasuk telah pula dilakukan oleh beberapa kampus di Indonesia, yang menyediakan berbagai mata kuliah baru seperti big data, data analytics, entrepreneurship dan lain-lain untuk tujuan membekali lulusan perguruan tingggi dengan pengetahuan dan kemampuan bekerja untuk menghadapi tantangan dunia kerja masa depan.
“Untuk meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, perguruan tinggi di Indonesia didorong untuk meningkatkan akreditasi institusi menjadi terakreditasi unggul (A), antara lain dengan meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional” Program studi harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan didorong untuk terakreditasi unggul (A) dan selanjutnya didorong meraih akreditasi internasional.
Daya saing para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa terus dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi dan literasi pada manusia atau human. Strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi yaitu dengan mensinergikan dharma pendidikan-penelitian-pengabdian pada masyarakat yang didukung oleh efektifitas penta helix antara universitas, pemerintah, dan swasta/industri, serta masyarakat dan media terutama dalam pengembangan mutu mahasiswa dan lulusan, mutu sdm dosen dan tenaga kependidikan.

Pada  kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada para Mahasiswa Berprestasi.

Pembina Upacara : Wakil Direktur I Bidang Akademik- Dr. Eng. Agus Santoso
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates